PROFIL MAGISTER EKONOMI UNIVERSITAS TRISAKTI

SEJARAH

wacana tentang perlunya membuka Program Studi Strata dua (S2) Magister Ekonomi bermula dari keluarnya Ijin dari Dirjen Dikti tantang Pembukaan Ijin Program Doktor (S3) Ekonomi tahun 2000 maka Rapat Majelis Jurusan Ekonomi Pembangunan mengamanatkan pada Ketua Jurusan, Dra. Tiktik Sartika Partomo, MS untuk membentuk Tim Kajian Pembentukan Program Studi Magister Ekonomi. Untuk melangkah kearah tersebut terhalang oleh pro kontra tentang apa yang menjadi andalan pokok (core) dari Program Studi yang akan dibuka. Dibentuknya team kajian tentang feasibility studi mengalami beberapa kali pergantian diantaranya team Lukman Hakim, SE lalu team Drs. Pulo Siahaan, MSc dan kemudian team Eleonora Sofilda, SE, MS bersama oleh Dr. Muhammad Zilal Hamzah, MM berhasil mendeklarasikan pembukaan Program dengan keluarnya Ijin Dikti Nomor : 1970/D/T/2006 tanggal 16 Juni 2006.

Dengan ijin tersebut digunakan kurikulum perdananya yaitu Konsentrasi Ekonomi Perencanaan Kota/Daerah dan Konsentrasi Keuangan Negara/Daerah. Selama tiga Trimester berjalan jumlah mahasiswa yang diterima dari tiga angkatan dimana angkatan I sebanyak 14 mahasiswa, angkatan II sebanyak 14 mahasiswa dan angkatan III sebanyak 7 mahasiswa. Dari ketiga angkatan tersebut kalau dilihat dari profil mahasiswa maka paling banyak adalah alumni Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti (lebih dari 90 persen).

Berdasarkan data tersebut maka diadakan evaluasi secara menyeluruh baik kurikulum, tenaga pengajar dan daya dukung lain. Hasil dari evaluasi tersebut disusunlah kurikulum Tahun Akademik 2007/2008 yang berbasis kompetensi. Kurikulum tersebut core utamanya adalah Ekonomi Keuangan dengan Konsentrasi Ekonom Keuangan Negara/Daerah ; Ekonomi Keuangan Perbankan dan Pasar Modal.

Untuk peningkatan mutu lulusan dan penyelarasan dengan kebutuhan pasar serta lapangan pekerjaan kurikulum dirancang secara dinamis agar secara periodik dapat disempurnakan untuk lebih mempertajam sasaran. Metode pengajaran yang diterapkan yaitu dengan mengkombinasi teoritis tenaga pengajar utama dan praktis/applied dari profesional dibidangnya seperta Ahli atau Pengelola Perbankan; Analis Pasar Modal; Dana Sekuritas; Konsultan Pajak ternama dan Para pejabat pengambil keputusan di Bank Indonesi; Departemen Keuangan Republik Indonesia; Bapenas; Badan Pusat Statistik; dan Direktur Jenderal Pajak.

Sebagai perwujudan kearah peningkatan mutu mulai Tahun Akademik 2010/2011 diambil langkah penyempurnaan Pertama membekali mahasiswa untuk wajib mengikuti Laboratorium Alat Analisis Kuantitatif sebagai complement mata kuliah Modeling Keuangan Kedua dibidang penelitian dan kajian maka telah terbentuk Pusat Studi dan Pengembangan Ekonomi Keuangan (PUSPEK) yang dipimpin oleh Dr. Bilmar Parhusip, MS dibantu oleh Yanuar Rizky, SE, MH. untuk dibidang Pasar Modal; Dr. Tungkot Sipayung, MS. untuk bidang Keuangan Negara; dan Drs. Chandra Purnama, MBA. untuk bidang Perbankan dengan program utama mengadakan penelitian, pengkajian, pelatihan, seminar-seminar dan Ketiga telah terbit pula Jurnal Ekonomi Keuangan Indonesia (JEKI) untuk mendukung sarana publikasi ilmiah.

Pada akhir jabatan Prof. Dr. Tiktik Sartika Partomo, MS. yang kemudian digantikan oleh Prof. Dr. Victor Siagian, MS. telah diperoleh Akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan Surat Keputusan Nomor: 033/BAN-PT/AK-IX/S2/I/2012 tanggal 13 Januari 2012 dan telah menerima mahasiswa sejumlah 454, pada angkatan ke XV dengan jumlah alumni sejumlah 124 Magister Ekonomi.

STRUKTUR ORGANISASI

KETUA KONSENTRASI

  1. Pasar Modal: Prof. Dr. H. M. Zilal Hamzah, MM
  2. Koperasi dan Bisnis Mikro Berkelanjutan: Prof. Dr. H. M. Zilal Hamzah, MM
  3. Pengadaan Barang dan Jasa: Dr. Willy Arafah, MM
  4. Strategic Corporate & Retail Managament: Dr. Willy Arafah, MM
  5. Ketua Konsentrasi Bisnis dan Perdagangan Internasional: Dr. Bambang Khaeroni
  6. Ketua Konsentrasi Pembangunan Berkelanjutan: Dr. Bambang Soedaryono, Ak, MBA
  7. Ketua Konsentrasi Keuangan Negara: Dr. Eleonora Sofilda, MSi
  8. Ketua Konsentrasi Keuangan dan Perbankan: Rinaldi Rustam, SE, ME

VISI

Menjadikan Program Studi Magister Ekonomi Universitas Trisakti sebagai Pusat Pengembangan Ekonomi di bidang keuangan yang Unggul dalam Persaingan Global.

MISI

  1. Menjadi Program Studi Magister Ekonomi Terapan yang paling inovatif.
  2. Menjadi Penyelenggara pendidikan Program Studi Magister Ekonomi Terapan dengan muatan kurikulum yang dinamis dan berbasis kompetensi.
  3. Menyelenggarakan mutu pelayanan yang berorientasi pada kepuasan civitas akademika.
  4. Menjalin kerjasama yang konsisten dengan stakeholders.

TUJUAN PROGRAM

  1. Menghasilkan sumberdaya manusia yang berkemampuan untuk menjawab tantangan berbagai masalah dalam pembangunan ekonomi melalui riset dan pengembangan.
  2. Menghasilkan sumberdaya manusia yang berkemampuan untuk merumuskan pendekatan serta pemecahan berbagai masalah ekonomi melalui penalaran ilmiah.
  3. Menghasilkan sumberdaya manusia yang memiliki pengetahuan maupun teknologi yang mampu memecahkan masalah -masalah dalam pembangunan ekonomi Indonesia.
  4. Menghasilkan Lulusan yang memiliki kompetensi Profesional di Bidangnya.
  5. Menghasilkan lulusan yang mempunyai pengetahuan dan kemampuan yang cukup untuk digunakan sebagai bekal melanjutkan studi pada jenjang yang lebih tinggi (Doktor).

KERJASAMA